Site news

Samsung Siapkan Pesaing Apple Pay

 
 
Picture of Deni Hermawan
Samsung Siapkan Pesaing Apple Pay
by Deni Hermawan - Monday, 22 December 2014, 5:13 PM
 

Jakarta - Samsung dikabarkan akan segera punya sistem mobile payment wireless miliknya sendiri. Awal 2015 disebut-sebut sebagai waktu peluncuran layanan baru milik perusahaan asal Korea Selatan ini.

Berdasarkan informasi yang dilansir situs Re/Code, Senin (22/12/2014), Samsung kabarnya saat ini sedang rajin mendekati LoopPay, sebuah startup yang bergerak di arena mobile payment.

Jika benar, sepertinya langkah ini menjadi jawaban Samsung atas kompetisinya dengan Apple. Seperti diketahui Apple telah lebih dulu meluncurkan sistem mobile payment Apple Pay awal tahun ini.

Fiturnya kurang lebih akan sama seperti Apple. Kabarnya sistem mobile payment Samsung diperkirakan akan memiliki fitur identifikasi menggunakan sensor sidik jari yang sudah ada di handset Galaxy terbaru.

LoopPay sendiri memungkinkan pengguna membayar menggunakan key fob, semacam kartu elektronik atau casing smartphone yang dihubungkan dengan mesin pembaca kartu. Proses pembayaran menggunakan transmisi magnetik yang diklaim aman tanpa perlu melakukan swipe kartu kredit.

Mengingat solusinya mirip dengan gesek kartu pada umumnya, Samsung sepertinya punya potensi menggaet banyak retailer dibandingkan Apple Pay atau Google Wallet yang memerlukan perlengkapan NFC tambahan.